PENGISIAN AWAL ( IMPOUNDING ) BENDUNGAN MILA DI KABUPATEN DOMPU PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

21/01/2019

0 0
Loading...




Pembangunan Bendungan Mila adalah salah satu upaya Pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur untuk mendukung ketahanan air dan ketahanan pangan nasional. Bendungan Mila terletak di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat, menjadi satu kesatuan sistem dengan Bendungan Tanju. Keberadaan Bendungan Mila dengan volume tampungan 6.73 juta meter kubik ini dibangun untuk menunjang fungsi Daerah Irigasi Rababaka Kompleks. Melalui bendung pengalih dan saluran Interbasin, kedua bendungan ini akan menampung kelebihan air sungai Rababaka.

Bendungan Mila nantinya akan mengairi Daerah Irigasi Rababaka seluas 1689 hektar guna meningkatkan intensitas tanam menjadi 300%. Bendungan ini juga berfungsi untuk penyediaan air baku 100 liter per detik dan mereduksi banjir seberar 142,57 meter kubik per detik di Kecamatan Woja. Selain itu, bendungan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata, perikanan darat dan konservasi Sumber Daya Air di Kabupaten Dompu.

Pengisian awal (Impounding) Bendungan Mila ini dilaksanakan langsung oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Dr.Ir Hari Suprayogi. M.Eng di Kabupaten Dompu Provinsi NTB pada Hari Kamis Tanggal 17 Januari 2019. Semoga dengan adanya Bendungan Tanju dan Bendungan Mila bermanfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi Masyarakat Kabupaten Dompu dan sekitarnya.