WORKSHOP 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) DALAM RANGKA HARI AIR DUNIA KE XXVI TAHUN 2018 DI KABUPATEN SUMBAWA

27/03/2018

0 0
Loading...




Workshop ini berlangsung pada Hari Rabu Tanggal 21 Maret 2018. Diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Do’a bersama. Workshop ini diikuti oleh sekitar 200 orang terdiri DWP Kabupaten Sumbawa, PKK Kabupaten Sumbawa, Komunitas Pemerhati Lingkungan dan Anggota DWP BWS Nusa Tenggara I.

Workshop ini diawali laporan panitia penyelenggara oleh Ir. Lalu Rahmanadi, MM. MT., dilanjutkan sambutan Kepala Balai Wilayah Sungai NT I Ir. Asdin Julaidy, MM”., MT. serta sambutan Ketua DWP BWS Nusa Tenggara I, Ibu Rita Asdin, dan dihadiri pula oleh Bupati Sumbawa, H.M. Husni Jibril, B.Sc.

 Dalam sambutannya, Ketua DWP BWS Nusa Tenggara I, Rita Asdin mengatakan sampah mulanya menjadi masalah tapi apabila dikelola dengan baik akan akan memberikan kontribusi dibeberapa aspek :

  1. Aspek Lingkungan : mengurangi pencemaran akibat pembakaran sampah dan pembuangan sampah, dan pengurangan sampah ke TPA.
  2. Aspek Pendidikan : mendidik anak – anak untuk peduli sampah karena ada konsep memilih dan menabung sampah.
  3. Aspek Ekonomi : meningkatkan pendapatan masyarakat dari hasil menabung sampah dalam kegiatan 3R.
  4. Aspek Sosial : meningkatkan keeratan hubungan warga dan dapat meningkatkan pendapatan para pemulung, dengan adanya Bank Sampah pemulung dapat beralih menjadi pengepul ataupun pembeli sampah.

Adapun acara dilanjutkan oleh Ketua KMPS IBRA Kota Mataram yaitu Bq. Indranngsih, SE., dengan pembahasan manajemen pengelolaan limbah sampah / 3R serta diakhiri dengan praktek pegelolaan pemanfaatan limbah sampah oleh Muzakir Walad, SSTP., dan Ulfa Arrahman.

Facebook
Youtube
Jumlah Pengunjung

   29539

Hari ini : 52
Kemarin : 90
Total Pengunjung : 29539
Jejak Pendapat
Apakah Website Ini cukup membantu anda dalam mencari Informasi SDA ?