Indonesian English

Kearsipan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I

Sejak diberlakukannya Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan sebagai penyempurnaan Undang-undang UU. No. 7 tahun 1971 tentang pokok-pokok kearsipan , maka peranan arsip diharapkan bukan lagi hanya sebatas hasil proses samping kegiatan penatausahaan saja namun lebih dari itu, sebagai dasar informasi terhadap program dan pelaksanaan kebijakan serta salah satu tolok ukur dari pelaksanaan kebijakan itu sendiri.

Dengan memperhatikan salah satu ruang lingkup kearsipan menurut Undang-undang Nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan dengan tegas menyebutkan kebijakan pengelolaan arsip secara nasional tentunya disini mengandung makna bahwa perlindungan dan penyelamatan arsip yang tercipta dari kegiatan lembaga Negara dan kegiatan yang menggunakan sumber dana negara dinyatakan sebagai arsip milik Negara, maka sudah barang tentu pula arsip adalah bagian dari asset Negara yang harus dilindungi pula.

Seiring dengan perkembangan dan arah kebijakan pemerintah dalam rangka reformasi birokrasi kedepan peranan arsip sebagai dasar pelayanan informasi publik tentunya menjadi salah satu penilaian kinerja dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan di lingkungan unit kerja masing-masing, sebagaimanaUndang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), pasal 13 menyebutkan :

(1). Untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat, dan sederhana setiap badan publik :

a. menunjuk pejabat pengelola informasi dan dokumentasi ; dan

b. membuat dan mengembangkan istem penyediaan layanan informasi secara cepat, mudah dan wajar sesuai dengan petunjuk teknis standar layanan informasi public secara nasional.

(2). Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dibantu oleh pejabat Fungsional. 

Berdasarkan kedua peraturan perundang-undangan tersebut diatas, sambil menunggu turunan peraturannya serta melihat peran serta Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I yang secara administrative berada di Propinsi Nusa Tenggara Barat yang terdiri dari 2 (dua) pulau yaitu Pulau Lombok dan Sumbawa, tentunya memiliki kewenangan yang cukup luas sehingga banyak didapat dokumen-dokumen Negara khususnya di bidang Sumber Daya Air sebagai hasil samping proses administrasinya, maka Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I sejak tahun 2008 telah melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagai tindaklanjut atas kebijakan tersebut dalam hal melakukan pengelolaan dan perlindungan arsip yakni berupa kegiatan pendataan kearsipan khususnya arsip-arsip dinamis baik arsip aktif maupun in aktif, dengan perkembangan atas hasil pelaksanaan kegiatan terus dilaporkan secara bertahap dan berkala sampai dengan program kegiatan berakhir sehingga diharapkan nantinya output yang dihasilkan dapat menunjang kegiatan pelayanan informasi khususnya di bidang Sumber Daya Air dalam hal ini Sistem Informasi Sumber Daya Air (SISDA).

Sesuai dengan UU No. 43 tahun 2009 tentang kearsipan, arsip dibedakan menjadi : Arsip Statis dan Arsip Dinamis.

Arsip Statis adalah Jadwal Penggunaan bersifat Statis dengan tingkat penggunaan tertentu. Serta dikelola oleh ANRI untuk tingkat Pusat dan Badan Arsip Daerah untuk Propinsi atau Kab/Kota.

Arsip Dinamis adalah Arsip yang Jadwal Penggunaannya masih tinggi dan keberadaannya di Unit-unit pengolah atau di Pencipta Arsip itu sendiri.

Arsip Dinamis dijabarkan menajdi : Arsip Aktif, Arsip In Aktif, dan Arsip Vital.

Arsip Aktip adalah Arsip yang tingkat penggunaannya masih tinggi dan masih dibutuhkan oleh lembaga pencipta arsip itu sendiri.

Arsip In Aktif adalah Arsip yang tingkat penggunaannya sebaliknya di kelola oleh pengelola arsip di lingkungan unit kerja.

Arsip Vital adalah Arsip yang melekat pada organisasinya seperti : Serrtifat, BPKB, Kontrak atau perjanjian, dan Gambar-gambar (Asbuild Drawing).

Adapun daftar pertelaan/pencarian arsip yang tersaji disini adalah daftar pertelaan/pencarian arsip in aktif eks proyek pada Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 1.

Facebook

Twitter

YouTube

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum
BWS Nusa Tenggara I

Jalan Ahmad Yani No.1 Gerimax Indah
Narmada Lombok Barat - NTB
Indonesia

Situs Terkait

    

 

    

Gallery Foto Terbaru

show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]