Indonesian English

FASILITASI KOMISI IRIGASI PROGRAM SOFT COMPONENT D.I. JURANG SATE Featured

Bertempat di Aula Koperasi Adikarsa, Praya, Lombok Tengah pada tanggal 5 Mei 2014, berlangsung acara Fasilitasi Komisi Irigasi Program Soft Component D.I Jurang Sate. Hadir dalam acara tersebut Kabid Fispra dan Pengembangan Wilayah, Kepala Satker BWS NT I, PPK OP SDA NT I, Kepala Dinas PU Pengairan dan ESDM Lombok Tengah,  Pengurus IP3A DI Jurang Sate, Pengamat DI. Jurang Sate,  Pengurus GP3A DI. Jurang Sate, Konsultan Lokal DI. Jurang Sate, CO/KCO DI. Jurang Sate.fasilitasi Komir

 

Dalam Sambutannya Kepala Satker BWS Nusa Tenggara I menyatakan” Komisi Irigasi merupakan forum multi pihak dari unsur pemerintah, unsur petani, dan unsur pengguna jaringan irigasi dalam rangka mewujudkan keterpaduan pengelolaan sistem irigasi yang ada di tingkat pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, dan di tingkat antar provinsi. Sehingga keberadaan komisi irigasi diharapkan akan dapat memberikan masukan atau rekomendasi kepada Bupati dan Gubernur dalam pengembangan dan pengelolaan system irigasi.

 

Tugas/fungsi Komisi Irigasi Kabupaten, yaitu :

  1. 1. Merumuskan kebijakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi dan fungsi irigasi;
  2. 2. Merumuskan pola dan rencana tata tanam dalam satu kabupaten;
  3. 3. Merumuskan rencana tahunan penyediaan air irigasi;
  4. 4. Merumuskan rencana tahunan pembagian dan pemberian air irigasi;
  5. 5. Memberikan rekomendasi prioritas alokasi dana pengelolaan irigasi;
  6. 6. Memberikan pertimbangan tentang izin alih fungsi lahan beririgasi.

Pembentukan Komisi Irigasi oleh kabupaten merupakan salah satu syarat untuk tercapainya tujuan pembaharuan kebijakan pengelolaan irigasi. Pembentukan Komisi Irigasi bertujuan untuk memantapkan koordinasi antar lembaga pengelola irigasi dan meningkatkan kinerja pengelolaan irigasi. Komisi Irigasi Kabupaten adalah lembaga koordinasi dan komunikasi bagi para pihak tingkat DI. Jurang Sate.

 

 

Komisi Irigasi Kabupaten Lombok Tengah terbentuk berdasarkan SK-Bupati Lombok Tengah Nomor 270 Tahun 2009 tanggal 12 Mei 2009. Pertimbangan terbentuknya Komisi Irigasi adalah dalam rangka koordinasi antara Pemerintah kabupaten, perkumpulan petani pemakai air dan pengguna jaringan irigasi lainnya. Dasar pembentukan Komisi Irigasi adalah UU. No.7/2004, PP No. 20/2006, dan PerMen PU No. 33/PRT/M/2006 tentang Komisi Irigasi.

Fasilitasi penguatan kelembagaan Komir merupakan salah fokus dari kegiatan General Soft Component BWS NT I. Melalui Fasilitasi ini  diharapkan peningkatan pemahaman anggota Komisi Irigasi terkait dengan kegiatan Soft Component      BWS NT I meliputi 3 subkomponent : Penguatan kapasitas kelembagaan irigasi, Penguatan kelembagaan OP staf dinas, Demarea SRI

 

Nara sumber kegiatan fasilitasi tersebut berasal dari Dinas terkait SDA, BWS NT I, Perguruan Tinggi (PT), dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang memiliki kemampuan di bidang materi penguatan kelembagaan Komisi Irigasi. (Humas&ISDA)

Last modified on Selasa, 03 Februari 2015 01:18
Rate this item
(2 votes)
Read 8383 times

Facebook

Twitter

YouTube

Calendar

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum
BWS Nusa Tenggara I

Jalan Ahmad Yani No.1 Gerimax Indah
Narmada Lombok Barat - NTB
Indonesia

Situs Terkait

    

 

    

Gallery Foto Terbaru

show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]