Indonesian English

On the Job Training (OJT) Petugas Pengelola Hidrologi DAS BABAK – WISMP II Tahun Anggaran 2014 Featured

 

Pengelolaan hidrologi merupakan kegiatan yang mencakup perencanaan, inventarisasi, pengolahan, pemanfaatan, pemeliharaan dan pengawasan baik data dan informasi hidrologi, pos/bangunan hidrologi, termasuk peralatan hidrologi dalam mendukung kegiatan pengelolaan Sumber Daya Air (SDA).

 

Berdasarkan Keputusan Presiden No. 12 Tahun 2012 Tentang Penetapan Wilayah Sungai, Provinsi Nusa Tenggara Barat terdiri dari 2 (dua) Wilayah Sungai (WS) Strategis Nasional, yaitu WS Lombok terdiri dari 197 DAS (luas 4.738 km2, penduduk 3.04 juta jiwa) yang melingkup 4 kabupaten dan 1 kota dan WS Sumbawa tediri dari 555 DAS DAS (luas 15.125 km2; penduduk 1,36 juta jiwa (30% NTB) ; 5 kab/kota) yang hingga saat ini sedang dilakukan kajian teknis penyusunan pola pengelolaan SDA.Khusus untuk WS Lombok, saat ini terdapat 54 DAS Utilitas yaitu DAS yang sudah termanfaat potensi SDA. Dari ke 54 DAS utilitas tersebut, dengan memperhatikan kinerja DAS utilitas, maka keberadaan DAS Babak (260,42 km2) di WS Lombok dengan beberapa anak sungai yang cukup besar alirannya seperti Sungai Lenek Utara, Lenek Selatan, Keru dan Remening, dapat dipandang sebagai DAS utilitas yang memiliki fungsi strategis karena merupakan DAS yang tergolong dalam DAS basah sepanjang tahun, memiliki daya guna yang tinggi dan sebagai sumber air tambahan bagi kebanyakan DAS kering (water transfer).

 

Kegiatan pengelolaan hidrologi pada WS Lombok dan WS Sumbawa telah lama dilaksanakan, dengan beberapa instansi pengelola, yaitu BWS NT-1, Balai Informasi SDA (BISDA) Dinas PU Provinsi NTB, BMKG, Dinas Pertanian dan Balai Pengelolaan DAS Dodokan-Moyo Sari, yang hingga saat ini total sudah terdapat 41 Pos Duga Air (AWLR), 138 Pos Hujan (ARR & MRG) dan 9 Buah Pos Klimatologi (CR) tersebar di dua WS tersebut. Dari sekian banyak pos yang dikelola dan dengan tuntutan pencapaian informasi hidrologi yang serba cepat, tepat dan akurat, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola hidrologi yang mampu mengoperasikan, mengolah data dan menganalisa data hidrologi.

 

Memperhatikan hasil dan masalah spesifik sebagaimana di atas, tuntutan Jaknas SDA (Perpres RI No 33 tahun 2011) dan tuntutan/dinamika masyarakat maupun masalah SDA secara umum di WS Lombok dan WS Sumbawa, sebagai unit pengelola teknis SDA WS Lombok dan WS Sumbawa dan sebagai penanggung jawab kegiatan WISMP-II, BWS NT I melaksanakan kegaitan On The Job Training (OJT) Staf Hidrologi (Petugas Pengelola Hidrologi) untuk meningkatkan SDM pengelola hidrologi dibidang operasional pos, pengolahan data dan analisis data hidrologi. Sehingga nanatinya diharapkan dari terlaksananya kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas SDM pengelola hidrologi dibidang operasional pos, pengolahan data dan analisis data hidrologi. Acara OJT Staf Hidrologi (Petugas Pengelola Hidrologi) yang diadakan pada tanggal 13 Oktober s/d 17 Oktober 2014, dibuka oleh Kepala BWS NT-1 Ir. H. Marsono, MM.,MT, Kasi Perencanaan dan program BWS NT-1 Ir. Novia Rosalita, Sp-1 dan PPK O&P SDA 1 Lalu M. Asgar, ST.,MM., dengan peserta OJT adalah semua staf hidrologi dan observer pos dilingkungan BWS NT I , BISDA PU Prov. NTB, Balai PSDA WS Lombok, Dinas PU Kab./Kota se Pulau Lombok.

 

Kegiatan OJT ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu

 

-  Analisis Hidrologi Terapan : 13 s/d 15 Oktober 2014 bertempat di  Ruang Aula BWS NT-1.

-  Peningkatan Kinerja Observasi Hidrologi: 16 s/d 17 Oktober 2014 bertempati di

   Ruang Rapat Unit Alokasi Air, Hidrologi & Kuaitas Air BWS NT-1 dan di Stasiun        

   Klimatologi   Sopak (Kegiatan Lapangan)

 

Narasumber/instruktur On The Job Training (OJT) adalah yang berpengalaman  di bidang Hidrologi dan Klimatologi (BWS NT I, KonsultanBWRM dan BMKG), dengan materi yang dibawakan adalah: Analisis Hidrologi Terapan;Perhitungan debit banjir secara tidak langsung; Pembuatan Rating Curve; Operasional dan Pemeliharaan Pos Klimatologi; Membaca grafik maupun angka klimatologi , Mengolah data klimatologi. (Humas&ISDA)


Last modified on Selasa, 03 Februari 2015 01:20
Rate this item
(0 votes)
Read 21757 times

Facebook

Twitter

YouTube

Calendar

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum
BWS Nusa Tenggara I

Jalan Ahmad Yani No.1 Gerimax Indah
Narmada Lombok Barat - NTB
Indonesia

Situs Terkait

    

 

    

Gallery Foto Terbaru

show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]