Indonesian English

PENANAMAN KEMIRI SUNAN DI AREAL GREEN BELT PANDANDURI DALAM RANGKA REVITALISASI GN-KPA Featured

Senin, 30 November 2015 08:31

Bertempat di Greenbelt Bendungan Pandanduri pada tanggal 28 Nopember 2015 dilaksanakan kegiatan Revitalisasi GN-KPA melalui Penanaman Kemiri Sunan. Kegiatan tersebut juga secara serentak dilaksanakan di tiga lokasi  yaitu di BBWS Ciliwung Cisadane, di Situ Gedong kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat; di BWS Sumatera V di Bendungan Batang Hari Kab. Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, dan di BWS Nusa Tenggara I yaitu di Bendungan Pandanduri dengan areal seluas 60 Ha meliputi tiga kecamatan yaitu Terara, sikur dan Sakra, sedangkan luas areal untuk pencanangan penanaman kemiri sunan ini adalah seluas 10 ha untuk 1500 batang Pohon.

kemiri sunan b

Kegiatan Penanaman Kemiri Sunan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Penanaman Pohon Nasional dan Harbak PU Pera ke-70. Tujuannya adalah melakukan konservasi tanah dan air dan pengamanan aset infrastruktur sumber daya air. Adapun sasaran pelaksanaan kegiatan ini yaitu tercapainya keseimbangan hidrologi serta memberikan pemahaman semua pihak termasuk masyarakat akan pentingnya tanaman dalam upaya konservasi tanah.

kemiri sunan a

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari delapan Kementerian yang menandatangani MOU Revitalisasi GN-KPA, Gubernur NTB, Perwakilan Pemerintah Daerah Kab/kota se-NTB, Korem, Kapolda/Polres,  Pelajar dan  Mahasiswa di sekitar Pandanduri, Pemerhati Lingkungan,  LSM dan Masyarakat.

kemiri sunan c

Revitalisasi GN-KPA ini merupakan bagian dari dukungan pencapaian Nawacita Presiden RI, dimana tercakup komponen di dalamnya adalah penataan ruang, bangunan fisik, pertanahan dan kependudukan; konservasi tanah dan air; pengendalian daya rusak air; pengelolaan kualitas dan pengendalian pencemaran air; serta pendayagunaan sumber daya air. Revitalisasi GN-KPA sendiri telah disepakati oleh delapan kementerian tahun ini (Mei 2015) diantaranya Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Lingkungan Hidup oleh Menteri Dalam Negeri Ibu Siti Nurbaya, Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 

kemiri sunan d

GN-KPA diperlukan sebagai upaya bersama mengembalikan keseimbangan siklus hidrologi pada daerah aliran sungai. Sehingga keandalan sumber-sumber air baik kualitas, kuantitas dan kontinuitasnya dapat terkendali, melalui program pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta keterlibatan dunia usaha dan peran serta masyarakat.Sasaran revitalisasi GN-KPA meliputi 108 Daerah Aliran Sungai (das), 15 danau dan 29 bendungan prioritas.

 

Adapun susunan acara pada kegiatan tersebut meliputi : Penyampaian Sekilas GN-KPA dismpaikan oleh Pembina dan inisiator GN-KPA Bapak Dr.Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. He, Sambutan Gubernur NTB diwakili oleh Wakil Gubernur NTB H. M. Amin, SH, Msi, dan Sambutan Menteri PUPR sekaligus pencanangan penanaman Kemiri Sunan oleh Menteri PUPR dalam hal ini diwakili oleh Kepala Balitbang PUPR Dr. Ir. Arie Setiadi, Msi. Dan Penanaman Kemiri Sunan. Setelah Acara Penanaman Selanjutnya dilaksanakan kunjungan ke Bendungan Batujai yang merupakan bendungan yang memiliki usia paling lama di NTB yaitu sekitar 33 tahun.(Humas&Isda)

Last modified on Selasa, 01 Desember 2015 04:56
Rate this item
(0 votes)
Read 647 times

Facebook

Twitter

YouTube

Calendar

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum
BWS Nusa Tenggara I

Jalan Ahmad Yani No.1 Gerimax Indah
Narmada Lombok Barat - NTB
Indonesia

Situs Terkait

    

 

    

Gallery Foto Terbaru

show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]