Indonesian English

WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM DAN EVALUASI KINERJA PELAKSANAAN ANGGARAN DI LINGKUNGAN BALAI WILAYAH SUNGAI NUSA TENGGARA I TAHUN 2015 Featured

Jumat, 04 Desember 2015 03:34

Reformasi Birokrasi di Indonesia intinya adalah melakukan perubahan tata laksana pembangunan menuju pemerintahan yang baik (good governance). Pemerintahan yang baik ditandai antara lain dengan tingginya tingkat kinerja, adanya akuntabilitas publik, transparansi, efisiensi, efektivitas dll.

workshop anggaran a

Dengan diterbitkannya paket Undang-Undang di bidang Keuangan Negara (UU No 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU No 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan UU No 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara) terdapat perubahan Orientasi dalam menjalankan Pemerintahan yaitu Pemerintahan dijalankan berorientasi pada hasil (result Oriented Goverment), bukan pada input (lebih spesifik anggaran) Program dan kegiatan pemerintahan harus mengacu pada hasil yang akan dicapai untuk itu harus disusun anggaran yang dibutuhkan.

workshop anggaran b

Sebagai wujud implementasi dari UU No 17 tahun 2003 tentang Kuangan Negara, Pemerintah telah menetapkan PP No 21 tahun 2004 tentang penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian Negara yang mengamanatkan bahwa dalam menyusun anggaran Kementerian Negara/Lembaga digunakan 3 pendekatan penganggaran yaitu : (1) Penyatuan anggaran rutin dan pembangun dalam format I-account (unified budget);(2) Pendekatan penyusunan pngeluaran jangka menengah-KPJM;(3) Pendekatan penyusunan penganggaran berbasis kinerja.

Pembaharuan sistem penganggaran ini diharapkan dapat mewujudkan pelaksanaan anggaran yang lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

workshop anggaran c

Terkait dengan hal tersebut agar Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia yang dapat memenuhi kwalitas yang diharapkan serta dapat memenuhi fungsi yang efisien dan efektif dalam bidang Pengelolaan Anggaran, bertempat di Hotel Puri Indah Mataram, pada tanggal 24 - 26 Nopember 2015 dilaksanakan Workshop Penyusunan Program dan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran di lingkungan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I.

 

Maksud dan tujuan pelaksanaan Workshop tersebut adalah : untuk Meningkatkan Pemahaman Pengetahuan dan ketrampilan Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya para pengolah anggaran/peñata keuangan/petugas e-mon/UAKPA/UAKPB lingkup BWS Nusa Tenggara I,  dalam hal   Pengelolaan Anggaran; pengetahuan tentang peraturan-peraturan Keuangan Negara dan  penyusunan usulan  anggaran.

Workshop tersebut didikuti oleh 35 (Tiga puluh lima) orang pegawai di lingkungan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I.

 

Adapun Materi/pokok bahasan atau isue – isue yang akan disampaikan dalam workshop ini meliputi : (1) Peraturan-peraturan yang terkait dengan Anggaran/Keuangan Negara; (2) Pengenalan tentang SAIBA; (3) Tata cara Revisi;( 4)Pendalaman tentang LAKIP; (5)Tata cara Penyusunan RKAKL/DIPA; (6) ADIK. (Humas&Isda)

Last modified on Jumat, 04 Desember 2015 04:11
Rate this item
(0 votes)
Read 646 times

Facebook

Twitter

YouTube

Calendar

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum
BWS Nusa Tenggara I

Jalan Ahmad Yani No.1 Gerimax Indah
Narmada Lombok Barat - NTB
Indonesia

Situs Terkait

    

 

    

Gallery Foto Terbaru

show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]