Indonesian English

KUNJUNGAN KERJA KEPALA BWS NUSA TENGGARA I KE BIMA Featured

Senin, 21 Desember 2015 03:03

Guna memastikan realisasi fisik pelaksanaan proyek tahun anggran 2015, Kepala BWS Nusa Tenggara I (Ir. Asdin Julaidy, MM, MT) didampingi paraKepala Satker dan PPK di Pulau Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Baratmelakukan Kunjungan Kerja ke Pulau Sumbawa.Agenda Kegiatan yang dilaksanakan berupa kunjungan ke pembangunan Bendungan, embung, air baku, rehabilitasi jaringan irigasi dan rumah pompa serta peralatannya, dan Sosialisasi Pembangunan Bendungan Bintang Bano.

Mengawali Kunjungannya di Pulau Sumbawa, Kepala BWS Nusa Tenggara I mengunjungi Kabupaten Bima dan Kota Bima (Kamis, 10 Desember 2015). Kepala BWS Nusa Tenggara I beserta rombongan menuju Embung Kolo, di Desa Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima. Embung tersebut berada sekitar 10 Km, kearah utara Kota Bima. Embung tersebut diharapkan mampu menyelesaikan persoalan air baku bagi masyarakat dan kapal – kapal yang berlabuh di pelabuhan Bima. Karena lokasinya yang berada jalur lintas laut dari Bima ke daerah lain Indonesia. Keberadaan juga Embung tersebut mampu memunculkan mata air baru, untuk memenuhi kebutuhan air irigasi serta menunjang pariwisata Kota Bima. Embung dipastikan selesai karena tinggal pengerukan mata air sedalam sekitar 28 M dari tubuh Embung. Sumber air embung ini berasal dari mata air dan pemanenan air hujan.

Foto  kunker bima emb kolo

Dari Embung Kolo rombongan selanjutnya langsung menuju Irigasi Tambak di desa Hodo Kabupaten Bima, guna mengetahui secara langsung kondisi pelaksanaan Pembangunan Revitalisasi Jaringan Tata Air Tambak Garam Sumbawa – Bima. Jarak dari Kota Bima sekitar 30 Km, berada pada jalan lintas Bima – Sumbawa. Pada areal tersebut terdapat areal pembuatan garam ratusan hektar luas. Disamping itu mampu mengatasi banjir pada Ibu Kota Kabupaten Bima yang saat ini sedang melakukan pemindahan dan penataan pusat perkantoran dilokasi yang dimaksud.

Foto  kunker bima PAT Irtam hodo

Ismail atau Ama Mo’I salah seorang petani garam mengungkapkan perasaannya walau pembangunannya belum selesai ”Pak une nifi wara lapa ake, (kayak mimpi rasanya ada saluran ini) sudah lama mau ada seperti ini kita harap. Sekarang tambak kami tidak banjir lagi” Demikian Ama Mo’I dengan dialek Nggahi Mbojo (bahasa Bima) di campur Indonesia.

Foto  kunker bima PAT sila

Rombongan langsung menuju PAT SBP 249 di Desa Kananga Kecamatan Sila Kabupaten Bima. Pada PAT SBP 249 ini dilaksanakan rehabilitasi dan penggantian serta pemeliharaan Mesin. Keberadaan Rumah pompa ini diharapkan mampu membantu petani dimusim kemarau untuk mengairi lahannya yang mengandalkan air hujan atau lahan tadah hujan seluas sekitar 10 Ha.

Foto  kunker bima Ncoha

Kunjungan Kerja Kepala BWS Nusa Tenggara I di Bima diakhiri di Embung Ncoha, Kecamatan Sila Kabupaten Bima. Embung ini dibangun tahun 2010 mengairi areal sawah sekitar 300 Ha dan untuk memnuhi kebutuhan air baku penduduk sekitar.(Humas& Isda)

Last modified on Rabu, 23 Desember 2015 03:51
Rate this item
(0 votes)
Read 764 times

Facebook

Twitter

YouTube

  • Popular
  • Comments
  • Tag

Calendar

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum
BWS Nusa Tenggara I

Jalan Ahmad Yani No.1 Gerimax Indah
Narmada Lombok Barat - NTB
Indonesia

Situs Terkait

    

 

    

Gallery Foto Terbaru

show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]