Indonesian English

LAUNCHING OPERASIONAL ALOKASI AIR SUNGAI BABAK OLEH BINA PSDA, DITJEN SDA Featured

Senin, 06 November 2017 11:20

Launching WTC 1

Launching Operasional Alokasi Air Sungai Babak BWS Nusa Tenggara I ini diikuti sebanyak 90 orang peserta dari BWS / BBWS dan Dinas PUPR seluruh Indonesia. Acara ini dilaksanakan pada Senin, 6 Nopember 2017 di Ruang Water Trip Control (Alokasi Air) Karang Jangkong Mataram, NTB. 

Launching WTC 2

Acara tersebut diresmikan oleh Direktur Bina Penataan Sumber Daya Air Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Ir Agus Suprapto K, M.Eng., Phd. Pada sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Inovasi Teknologi Alokasi Air seperti yang dilakukan oleh BWS Nusa Tenggara I, perlu kita tiru dan kembangkan. Dengan teknologi Real Time terhadap alokasi air akan memberikan pelayanan yang maksimal kepada petani, sehingga kita mampu mengetahui air yang tersedia dan dibutuhkan. Tentunya kegiatan tersebut butuh komitmen terhadap sumber daya dan sumber dana, dan apa yang dilakukan BWS Nusa Tenggara perlu kita kembangkan sebagai sebuah motivasi. Harapan saya kepada seluruh peserta yang hadir pada acara launching ini dapat secara detail mendiskusikan dari persiapan hingga pelaksanaan yang tentunya dengan memperhatikan hambatan atau kendala diantaranya; minimnya tenaga pemodel, kompleksitas jaringan riil, kewenangan operator dan pengamat, dll.

Launching WTC 3

Sementara itu, Kepala BWS Nusa Tenggara I, kembali menegaskan bahwa sebaik apapun perencanaan yang kita lakukan apabila tidak ada komitmen dan sumber daya yang tersedia dari pimpinan, maka rencana tersebut tidak akan terwujud. BWS Nusa Tenggara I sangat peduli dengan operasi dan pemeliharaan serta alokasi air. Dengan adanya kegiatan alokasi air akan terwujud keadilan dan pemerataan perolehan kebutuhan air. Adil bukan berarti harus sama rata. Adil yang dimaksud adalah untuk mewujudkan sesuai kebutuhan dari daerah basah ke daerah kering. 

Di sisi lain Kepala Unit Alokasi Air dan Hidrologi mengatakan bahwa modal utama untuk membangun sistem adalah model dan sumber daya. Setelah dilakukan pemaparan, dilanjutkan dengan penekanan tombol oleh Direktur Bina Penataan Sember Air dan dilakukan simulasi dengan Operator Bendungan Jangkok, Bendungan Jurang Sate, Bendungan Keru dari Gedung Water Traffic Center menerima laporan dari para operator dan pengamat, kemudian operator di Ruang Water Trip Control mengolah data dan menginstruksikan untuk membuka pintu sesuai dengan hasil perolehan data, lalu secara online diperlihatkan cara kerja operator/pengamat di lapangan. Turut mendampingi kepala BWS Nusa Tenggara I, Kepala Seksi OP L. Erwin Rusdianto, ST., M.Tec., Kasatker OP L. Rahmanadi, ST., MM., PPK OP.1 Supardi, ST. dan PPK OP 2 Suhardi, ST.

Rate this item
(0 votes)
Read 29 times

Facebook

Twitter

YouTube

Calendar

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum
BWS Nusa Tenggara I

Jalan Ahmad Yani No.1 Gerimax Indah
Narmada Lombok Barat - NTB
Indonesia

Situs Terkait

    

 

    

Gallery Foto Terbaru

show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]