Indonesian English

HARBAK PEKERJAAN UMUM TAHUN 2013 DI NUSA TENGGARA BARAT

” Nilai patriotisme dari "Sapta Taruna Kesatria" menjadi pendorong lahirnya suatu korps Pegawai Pekerjaan Umum yang mempunyai kesadaran sosial, jiwa kesatuan, rasa kesetiakawanan (solidaritas) serta kebanggaan akan tugasnya sebagai abdi masyarakat, khususnya dalam bidang pekerjaan umum. Hal itu semua tentunya tidak dapat terwujud tanpa adanya etos kerja yang kita miliki. Etos atau ethikos (etika) berasal dari bahasa Yunani yang berarti moral atau menunjukkan karakter moral yang baik. Etos juga memiliki arti sebagai keberadaan diri, jiwa, dan pikiran yang membentuk seseorang. Setiap bangsa memiliki etika yang merupakan nilai-nilai yang dikaitkan dengan etos kerja, seperti rajin, bekerja keras, berdisiplin tinggi, mampu menahan diri, ulet, tekun, dan nilai-nilai yang diwariskan oleh para pendiri bangsa serta para pahlawan Sapta Taruna. Sikap yang rajin, gotong royong, saling membantu, bersikap sopan masih bisa ditemukan dalam masyarakat kita. Inilah etos yang kita warisi dari para pahlawan dan pendiri bangsa yang harus kita lanjutkan. Saya yakin semangat pantang menyerah dan penuh keikhlasan yang dicontohkan mereka, akan menjadi pemacu semangat kita untuk terus bekerja lebih baik, penuh rasa tanggung jawab, dan penuh pengabdian yang tulus untuk meningkatkan kinerja kita dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan.

Dengan demikian, tema peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum tahun 2013, yaitu “Dengan Etos Kerja dan Semangat Sapta Taruna, Kita Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Permukiman Mendukung Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan“ sangat tepat dan memiliki makna yang kuat dalam membangkitkan kesadaran kita untuk mengisi pembangunan. Melalui tema ini Saya mengajak seluruh jajaran Pekerjaan Umum baik di pusat maupun di daerah agar tetap konsisten menjadikan 3 Desember sebagai momentum pemacu semangat dan pengabdian kita khususnya dalam menuntaskan tahun terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) kedua 2010-2014. Capaian kinerja dalam bidang sumber daya air diantaranya dapat ditunjukan dengan adanya peningkatan jaringan irigasi yang semula 5,8 juta ha (2004) menjadi 7,2 juta ha (2013) dalam rangka mendukung ketahanan pangan 10 4 juta ton beras. Sedangkan kapasitas tampung waduk dan embung juga meningkat yang semula 13,18 miliar m3 (2004) menjadi sekitar 14 miliar m3 (2013). Adapun pembangunan waduk semula 273 waduk (2004) menjadi 286 waduk (2013). Embung telah dibangun sebanyak 412 embung dari semula 809 embung (2004) menjadi 1.221 embung (2013). Selain itu telah pula diselesaikan pembangunan kanal banjir sepanjang 32,9 km (2013) dan pembangunan prasarana sungai sepanjang 2.081 km dalam rangka pengendalian daya rusak air, pengurangan genangan dan normalisasi sungai terutama di kota-kota padat penduduk.” Demikian dinyatakan oleh Gubernur Prov. NTB saat  membacakan sambutan Menteri Pekerjaan Umum pada Upacara Bendera tanggal 3 Desember 2013, di Halaman Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka Hari Bhakti PU ke 68. Pada  pembacaan sambutan tersebut beliau memperikan apresiasi yang tinggi terhadap insan Pekerjaan Umum yang telah membrikan kontribusi positif terhadap pembangunan NTB, dengan menyajikan  kinerja terbaiknya, ini terbukti dengan torehan prestasi secara nasional di bidang SDA dan Bina Marga.

Upacara ini  diikuti Ribuan karyawan karyawati di Lingkup Pekerjaan Umum : BWS Nusa Tenggara I, Balai Jalan Nasional Wilayah VIII, Dinas Pekerjaan Umum ( Bina Marga,Cipta Karya, SDA, Tata Ruang, BPSDA, Balai Pengujian, Jakon, BISDA ), DWP BWS Nusa Tenggara I, DWP DPU Prov. NTB, Para warakawuri, FKPD ( Kapolda, Danrem Wirabhakti, Dan Lanal, Dan Lanud, Ketua DPRD Ketua dan Komisi III DPRD Prov. NTB, para Mitra Kerja dan Purbhakti serta Gubernur dan Wakil Gubernur NTB. Bertindak selaku pembina upacara Gubernur Prov. NTB : DR. H.M. Zainul Majdi, Pemimpin Upacara Husnul Huda Baisir,ST.MT.

 Yang unik pada perayaan Harbhak PU Ke–68 adalah seluruh petugas adalah perempuan : Pengibar bendera, Pembaca Pembukaan UUD’45, dan Lintas Sejarah serta perwira upacara.

 

Sementara itu Kepala BWS Nusa Tenggara I selaku pembina Harbhak PU ke– 68 mengatakan bahwa “ dalam rangka perayaan harbhak PU ke 68 tahun 2013 insan pekerjaan umum memeriahkan dengan serangkaian kegiatan yang diawali dengan Opening Ceremony pada tanggal, 28 Oktober 2013 yang dilanjutkan dengan kegiatan : Gerak Jalan Sehat, Door Darah, Santunan Kepada Kayawan Gol.I,Futsal, Tarik Tambang, Lomba Lari Karung, Gate Ball, Karaoke, Bulutangkis, Lomba Mancing, dan Lomba IWRM : Foto, Karya Tulis ilmiah, Mengarang, mewarnai dan menggambar yang melibatkan 1.245 orang siswa se Kota Mataram. Kegiatan yang hemat dan meriah.” Ir.H. Marsono,MM.MT menjelaskan.

Setelah melakukan upaca peringatan Harbhak PU ke 68 seluruh peserta upacara melakukan ramah – tamah yang diisi dengan hiburan dan kesenian yang menampilkan karyawan – karyawati. ( HUMAS – ISDA)

Last modified on Jumat, 06 Juni 2014 07:21
Rate this item
(1 Vote)
Read 7925 times

Facebook

Twitter

YouTube

Calendar

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum
BWS Nusa Tenggara I

Jalan Ahmad Yani No.1 Gerimax Indah
Narmada Lombok Barat - NTB
Indonesia

Situs Terkait

    

 

    

Gallery Foto Terbaru

show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]