Indonesian English

WAJAH PERPUSTAKAAN BWS NUSA TENGGARA I Featured

perpust bwsNt1 2014 b

Terletak di lantai dua Gedung irigasi Lombok Jl. Airlangga No. 32 Mataram, terlihat dari kejauhan plang nama Perpustakaan BWS Nusa Tenggara I. Suasana dingin dan diselimuti rak buku yang berisikan lebih dari 750 buku koleksi, yang terdiri dari peraturan, buku,majalah dan laporan tentang Sumber Daya Air (SDA). Ada dua kursi duduk tamu dan meja baca sebelum menuju rak buku, dan didepannya ada kursi dan meja kerja petugas perpustakaan yang bersertifikasi atau fungsional. Memang di lembaga teknis seperti kementerian PU menyebut perpustakaan seolah asing. Padahal perpustakaan itu menyimpan intan dan berlian harta karun milik bangsa ini. Kenapa tidak dengan membaca buku, majalah, laporan atau cetakan lain kita bisa menerawang ratusan bahkan ribuan tahun tentang kehidupan makhluk Tuhan Yang Maha Esa, bahkan bisa kita tahu estimasi kehidupan yang akan datang. Buku adalah jendela dunia, dengan banyak membaca semakin dewasa dan luas cakwala kita berfikir, bertindak dan berprilaku.

 

perpust bwsNt1 2014Begitu penting dan strategisnya perpustakaan oleh negara diberi perhatian kepada petugas untuk meniti karir melalui jabatan fungsional tertentu. Ini merupakan kedudukan yang menunjukan tugas tugas, tanggungjawab, wewenang dan hak seorang pegawai negeri sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan/atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri dan untuk kenaikan pangkatnya diisyaratkan dengan angka kredit. Pustakawan itu sendiri ada tingkat terampil dan ahli, tingkat terampil setara diploma sedangkan ahli setara S1.

Tim penilai angka kredit jabatan fungsional pustakawan dibentuk dan ditetapkan oleh pejabat berwenang dan angka kredit diberikan berdasarkan penilaian atas prestasi yang telah dicapai sedangkan instansi pembinanya adalah Perpustakaan Nasional RI.

Adapun pustakawan melakukan kegiatan utama dilingkungannya yang meliputi kegiatan pengadaan, pengolahan dan pengelolaan bahan pustaka / sumber informasi, pendayagunaan dan pemasyarakatan informasi, baik dalam bentuk cetak, rekam maupun multimedia, serta kegiatan pengkajian atau kegiatan lain untuk pengembangan perpusdokinfo termasuk pengembangan kredit.

perpust bwsNt1 2014 a

 

Demikian penjelasan dari salah seorang pustakawan BWS Nusa Tenggara I, Alimuddin,S.Adm. diruang baca perpustakaan tersebut. Ditambahkan juga bahwa perpustakaan ini memiliki tiga orang fungsional pustakawan dan seorang sekarang sedang melaksanakan pendidikan fungsional. (Humas&ISDA)

Last modified on Kamis, 13 November 2014 02:24
Rate this item
(0 votes)
Read 1671 times

Facebook

Twitter

YouTube

Calendar

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum
BWS Nusa Tenggara I

Jalan Ahmad Yani No.1 Gerimax Indah
Narmada Lombok Barat - NTB
Indonesia

Situs Terkait

    

 

    

Gallery Foto Terbaru

show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]