Indonesian English
Kesalahan
  • JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 42

Sosialisasi Siaga Banjir

Sosialisasi Siaga Banjir Dan Upaya Persiapan Musim Hujan Tahun 2013/2014

Pada Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I

Bertempat di salah satu hotel di kota Mataram dilaksanakan Sosialisasi Siaga Banjir dan Upaya Persiapan Musim Hujan Tahun 2013/2014Pada hari Senin, 25 Nopember 2013. Dihadiri oleh para pengamat SDA dari BISDA DPU Prov. NTB. Pengamat SDA dari Kabupaten/ Kota dan Unsur pelaksana OP pada BWS Nusa Tenggara I sejumlah 46 orang.


Kepala BWS Nusa Tenggara I, Ir. H. Marsono,MM.MT dalam sambutan yang dibacakan oleh PLH. Kasubag. Tata Usaha Ir.H.Asep Suwandi, Sp.1 mengatakan :Apapun unsur penyebab dan macam / bentuk jenis bencana seperti Banjir, Longsor, Kekeringan, Air Pasang ( ROB ), Gempa Bumi dan lain-lain. Merupakan hal yang yang tidak kita inginkan dan tidak pernah kita duga, tapi namun selalu terjadi setiap tahun. Maka untuk itu bagaimana upaya kita untuk meminimalisir, mencegah, mengurangi , dampak dari kejadian bencana tersebut yang sering menimpa daerah kita NTB. DATA di daerah rawan banjir, Daerah Aliran Sungai ( DAS ) Rawan banjir baik yang ada di Wilayah Sungai Lombok maupun Wilayah Sungai Sumbawa, mari untuk selalu diadakan pemantauan.

Sehingga perlu dilakukan tindakan Pra Bencana,Tanggap Darurat dan Pasca BencanaBerbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah untuk pencegahan dan penanggulangan Bencana, baik secara fisik maupun non fisik.

Dalam rangka menghadapi musim hujan thn 2013/2014, kepada semua pihak yang terkait untuk segera melakukan Penelusuran/inventarisasi, Pendataan lokasi Rawan Banjir dengan melakukan upaya persiapan menghadapi Banjir/ Longsor. Menyiapkan bahan Banjiran, Peralatan dan Penempatannya baik berupa Pompa, Genset, Pelampung dan Sarana yang dibutuhkan.

Seperti yang kita lihat akhir-akhir ini sudah mulai turun hujan dan banjir di wilayah Indonesia bagian Barat dan Timur seperti Jakarta, Sumatra, Jawa dan kota-kota besar lainnya Termasuk di NTB Sudah mulai diguyur Hujan.

Untuk itu melalui Sosialisasi ini mari sama-sama kita waspadai, antisipasi dan mencegah meminimalisir Resiko Bencana yang akan terjadi, dengan selalu siap siaga, agar masyarakat kita di Nusa Tenggara Barat pada umumnya terhindar dari dampak / resiko bencana.” Demikian sambutan dan pengarahan Kepala BWS Nusa Tenggara I.

Sementara itu ketua panitia pelaksana yang juga menjabat selaku Koordinator POSKO Banjir BWS-NT1 : Zulkaedah,ST.MT. melaporkan bahwa Priode Thn 2013 ( Januari – Oktober 2013 ) Terjadi : Banjir : 33 Kali terjadi Lombok Barat yaitu Sungai Unus, S Ancar. Di Kab.Dompu: S.Rabalaju, S. Pekat. Kab. Bima : S. Romo, S. Rontu .ROB Pantai : 11 Kali ( LOMBOK : P. Ampenan/ KP. Melayu. DOMPU : P. Jala, P. Hu’u. BIMA : S. Romo, S. Rontu ) Angin Putting Beliung : 9 Kali ( LOBAR : Kuripan, Kediri. LOTIM : Lab.Haji, Swela ).Gempa Bumi : 3 Kali ( Bima, Loteng, dan KLU 22 Juni 2013 )Total Kejadian Bencana Alam Periode thn 2013 adalah : 56 KaliDisimpulkan 19 titik rawan Banjir ( P. Lombok 11 titik + 8 titik P. Sumbawa ). (Humas&Isda)

Last modified on Jumat, 06 Juni 2014 07:39
Rate this item
(1 Vote)
Read 6568 times

More in this category: Lokakarya PPNS Bidang SDA »

Facebook

Twitter

YouTube

Calendar

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum
BWS Nusa Tenggara I

Jalan Ahmad Yani No.1 Gerimax Indah
Narmada Lombok Barat - NTB
Indonesia

Situs Terkait

    

 

    

Gallery Foto Terbaru

show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]