Indonesian English

Lokakarya PPNS Bidang SDA

 

Bertempat di  salah satu hotel dipusat Kota Mataram NTB dari tanggal 4 s.d. 6 Desember 2013 berlangsung  Lokakarya Penyidik Pegawai Negeri Sipil bidang Sumber Daya Air. Lokakarya tersebut di ikuti oleh BBWS dan BWS di Lingkup Direktorat Jenderal SDA Kementerian pekerjaan Umum.

Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air : DR. Ir. Arie Setiadi Moerwanto, M.Sc, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasubdit Pengendalian Pemanfaatan SDA : Ir.H. Amir Hamzah,MM mengatakan bahwa“ Sumber daya air merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, dan harus dijaga kelestarian kemanfaatannya, untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat secara adil. Namun saat ini, permasalahan pengelolaan sumber daya air di Indonesia semakin kompleks, karena kebutuhan akan air yang meningkat dari waktu ke waktu, sementara ketersediaan air semakin menurun baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Selain itu permasalahan seperti kerusakan sumber daya air, penggunaan sumber daya air tanpa izin dan pelaksanaan konstruksi pada sumber air yang tidak sesuai dengan norma, standar, pedoman dan manual, masih sering terjadi. Oleh karena itu, untuk mewujudkanpengelolaan sumber daya air yang menyeluruh, terpadu, dan berwawasan lingkungan, untuk keadilan dan kesejahteraan masyarakat, penggunaan sumber daya air perlu dikendalikan. Salah satu instrumen pengendalian pengelolaan sumber daya air adalah melalui peningkatan pengawasan dan penegakan hukum.

Undang Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air telah dengan tegas mengatur sanksi untuk pelanggaran-pelanggaran terkait sumber daya air. Adalah menjadi wewenang dari Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang lingkup dan tanggung jawab tugasnya dalam bidang sumber daya air untuk melakukan penyidikan terhadap pelanggaran-pelanggaran sumber daya air. Dalam Undang Undang Nomor 7 Tahun 2004 pasal 93 telah diuraikan wewenang PPNS dalam penyidikan bidang sumber daya air diantaranya adalah untuk melakukan pemeriksaan atas laporan tindak pidana sumber daya air, melakukan pemeriksaan terhadap orang atau badan usaha yang diduga melakukan tindak pidana sumber daya air, melakukan pemeriksaan prasarana sumber daya air, menghentikan, menyegel dan menyita alat kegiatan yang diduga digunakan untuk melakukan tindak pidana.

Lokakarya ini merupakan bentuk pembinaan teknis terhadap Penyidik Pegawai Negeri Sipil bidang sumber daya air yang bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan kompetensi dalam penyidikan tindak pidana sumber daya air dan meningkatkan koordinasi bagi PPNS di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. Dalam pertemuan ini, kita juga dapat membahas permasalahan yang dihadapi oleh PPNS di BBWS/BWS dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai PPNS, untuk dapat dicarikan solusinya secara bersama-sama, sehingga kedepannya, kita dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita dalam penegakan peraturan perundang-undangan bidang sumber daya air dengan lebih baik. Diharapkan hasil lokakarya ini dapat menjadi masukan dalam penyusunan rancangan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum tentang PPNS bidang Sumber Daya Air.” Demikian sambutan Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Sementara itu Kepala BWS Nusa Tenggara I dalam sambutan dan ucapan selamat datang mengatakan “Saya harapkan kegiatan Lokakarya PPNS bidang Sumber Daya Air ini dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memberi manfaat bagi kita semua yang terlibat dalam penyidikan tindak pidana sumber daya air. Jadikan forum sebagai bahan masukan yangtentunya dapat menjadi feed back positif bagi kita semua. Dan perlu kami sampaikan bahwa NTB selain sebagai salah satu daerah stock pangan nasional, juga memiliki potensi alam dan kuliner yang lezat dan halal. Sebut saja ada ayam taliwang, pelecing, ares dan sate bulayak. Belum lagi panorama alam seperti pantai pink yang memiliki daya tarik eksotik dengan alam serba pink (pasir dan tumbuhan) di kala senja. Tiga gili pulau yang menawan dan paling penting adalah agar kembalinya nanti ke daerah awet muda maka minumlah “Air Awet Muda Narmada” dan dosa – dosa berkurang mandilah di air penebus dosa “ Air Terjun Otak Kokok alias Joben.” (Humas – Isda)

Last modified on Jumat, 06 Juni 2014 08:19
Rate this item
(1 Vote)
Read 7974 times

Facebook

Twitter

YouTube

Calendar

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Tentang Kami

Kementerian Pekerjaan Umum
BWS Nusa Tenggara I

Jalan Ahmad Yani No.1 Gerimax Indah
Narmada Lombok Barat - NTB
Indonesia

Situs Terkait

    

 

    

Gallery Foto Terbaru

show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
show
Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]